Seminar BSSN dan Bawaslu Provinsi Bali “Bali Riset Against Hoax”

Selasa, 26 Februari 2019

Masyarakat Anti Fitnah Indonesia, Mafindo, memenuhi undangan untuk turut sharing dalam acara seminar bersama BSSN dan Bawaslu Provinsi Bali dengan tema Bali Rise Against Hoax.

Kegiatan yang diselenggarakan di Ballroom Swiss-Belhotel Rainforest ini menghadirkan:

  1. Bondan Widiawan, Direktur Pengendalian Informasi, Investigasi dan Forensik Digital, BSSN.
  2. Ketut Rudia, Koordinator Divisi Penyelesaian Sengketa, Bawaslu Propinsi Bali.
  3. Niluh Djelantik, netizen Bali.
  4. Cahya Suryani, Mafindo Pusat
  5. Indra Puspita, Mafindo Bali

Kegiatan yang berlangsung mulai pukul 13.00 sd 18.00 ini dihadiri oleh perwakilan mahasiswa dan mahasiswi dari sebagian besar kampus di Bali. Beberapa materi yang sangat menarik disampaikan oleh para pembicara. Mulai dari kesehatan mental dalam sosial media, trend penyebaran hoax, peningkatan hoax menjelang pemilu, gejala kampanye hitam pada politik, kesadaran untuk menggunakan hak pilih, hingga bagaimana tips dan trik menjadi pemilih cerdas.

Cahya Suryani dari Mafindo Pusat berbagi tentang laporan pemetaan hoax 2018 dan menunjukkan bahwa hoax politik menempati ranking tertinggi sepanjang tahun, terlihat dari jumlah hoax yang paling banyak mengangkat isu Pilpres. Mafindo mengajak para milenial yang hadir untuk tidak terbawa arus hoax politik yang tersebar di media sosial namun tetap memberikan perhatian yang baik pada Pemilu 2019.

Selain itu, Mafindo juga mengenalkan beberapa tools yang dapat dipakai generasi milenial untuk melakukan verifikasi informasi dan beberapa kanal informasi terpercaya.

Di akhir acara, Bondan Widiawan dari BSSN, Ketut Rudia dari Bawaslu, Niluh Djelantik dari Netizen dan Indra Puspita dari Mafindo, secara kompak menyerukan tekad untuk terus bergerak melawan hoax. Para hadirin dengan antusias tinggi menyaksikan prosesi penghancuran hoax secara simbolik. Bali siap melawan hoax!

Acara ditutup dengan doa bersama semoga semua masyarakat sadar dan tetap bersatu teguh melawan hoax demi menjaga masa depan Indonesia.

Cahya Suryani (MAFINDO Pusat) saat sedang mengisi acara


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *