Mafindo Jombang “Demokrasi Damai Tanpa Hoaks”

Pada hari Minggu, 27 Januari 2018 pukul 15.00-17.00, dipandu host Indra, MAFINDO Jombang bekerjasama dengan Relawan Demokrasi dari KPUD Jombang untuk melakukan talkshow on air di Radio Suara Pendidikan milik Dinas Pendidikan Kabupaten Jombang bertema “Demokrasi Damai tanpa Hoaks”. Narasumber pada talkshow tersebut adalah Nuril Hidayah (Koordinator MAFINDO Jombang), Wahyu Novitasari dan Marlita Tri Wulandari (Relawan Demokrasi).Data Litbang MAFINDO menunjukkan bahwa topik politik menempati posisi puncak ranking hoaks terbanyak sepanjang 2018. Disinyalir bahwa tahun politik berpengaruh pada tingginya angka hoaks politik. Patut disayangkan hoaks politik turut berkontribusi menyuburkan penyebaran hate speech dan hoaks yang mempertajam polarisasi masyarakat. Selain itu, di satu sisi hoaks politik juga berpengaruh pada meningkatnya apatisme terhadap politik dan proses demokrasi serta fanatisme pada preferensi politik tertentu di sisi yang lain. Apatisme dan fanatisme ini dikhawatirkan akan semakin mengikis rasa nasionalisme dan persaudaraan antar anak bangsa. Tak kalah memprihatinkan, KPU juga menjadi target hoaks yang dapat berdampak pada menurunnya tingkat kepercayaan masyarakat pada penyelenggara pemilu.

Untuk itu, demi membantu mengurangi ketegangan antar kelompok masyarakat dan meningkatkan partisipasi dalam proses demokrasi, kita perlu membekali masyarakat dengan pengetahuan tentang cara mendeteksi informasi sesat bermuatan SARA dan bagaimana cara menyikapinya agar masyarakat dapat turut berperan menjaga agar situasi tetap kondusif menjelang pelaksanaan dan Pemilu 17 April 2019. Selain itu, masyarakat juga perlu dibekali dengan pengetahuan tentang pentingnya partisipasi warga negara dalam proses demokrasi serta teknis pelaksanaannya demi meningkatkan partisipasi masyarakat.

Dalam talkshow ini dibahas apa penyebab maraknya hoaks yang berkaitan dengan Pemilu, bagaimana cara melakukan verifikasi, dan bagaimana sebaiknya masyarakat menyikapinya. Dibahas pula beberapa hoaks yang berkaitan dengan pelaksanaan pesta demokrasi dan klarifikasinya dan tak kalah penting adalah bagaimana teknis pelaksanaan pemilu, terutama di Kabupaten Jombang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *