MAFINDOMAFINDO

MAFINDO

MAFINDO (Masyarakat Anti Fitnah Indonesia) adalah Organisasi Kemasyarakatan yang bertujuan mensosialisasikan bahaya berita bohong (hoax) dan menciptakan imunitas terhadap hoax di masyarakat Indonesia.

MAFINDO
Jl. HR. Rasuna Said Kawasan Epicentrum Utama Mall Epicentrumwalk – Office Suite A529 Kuningan, Jakarta Selatan 12940 Indonesia

  • Beranda
  • Tentang Kami
    • Visi & Misi
    • Sejarah Mafindo
    • Kode Etik Mafindo
    • Struktur Organisasi
      • Dewan Penasihat
      • Presidium
    • Metode Klasifikasi Hoax
    • Terms of Use
    • Logo & Media
    • Privacy Policy
  • Aktivitas
    • Periksa Fakta
    • Media Sosial MAFINDO
    • Program
      • Social Inoculation Phase 2
      • Program Community Engagement to Counter Incitement in Elections
      • Wanita Cerdas Tangkal Hoaks (Tangkas)
      • AyoLawanCOVID19
      • Inspires
      • MEDIA
      • Tular Nalar
      • Perempuan Periksa Fakta
      • Lomba Indonesia Periksa Fakta
      • Stop Hoaks Indonesia (SHI)
      • Internews HCC Jabar
    • Advokasi dan Edukasi Publik
  • Produk
    • Hoax Buster Tools
    • Yudistira
    • Kalimasada
    • CekFakta.com
    • TurnBackHoax.ID
    • Global Fack-check Database
    • Riset
      • Publikasi lainnya
        • KOMUNIKASI VAKSIN COVID-19 DAN CEK FAKTA
      • Laporan Bulanan
        • Laporan Pemetaan Hoaks Edisi Januari 2021
        • Laporan Pemetaan Hoaks Edisi Februari 2021
        • LAPORAN PEMETAAN HOAKS EDISI MARET 2021
        • LAPORAN PEMETAAN HOAKS EDISI APRIL 2021
        • LAPORAN PEMETAAN HOAKS EDISI MEI 2021
        • LAPORAN PEMETAAN HOAKS EDISI JUNI 2021
        • LAPORAN PEMETAAN HOAKS EDISI JULI 2021
        • LAPORAN PEMETAAN HOAKS EDISI AGUSTUS 2021
        • LAPORAN PEMETAAN HOAKS EDISI SEPTEMBER 2021
        • LAPORAN PEMETAAN HOAKS EDISI OKTOBER 2021
        • LAPORAN PEMETAAN HOAKS EDISI NOVEMBER 2021
        • LAPORAN PEMETAAN HOAKS EDISI DESEMBER 2021
        • Laporan Pemetaan Hoaks Edisi Januari 2022
        • Laporan Pemetaan Hoaks Edisi Maret 2022
        • Laporan Pemetaan Hoaks Edisi Januari 2023
      • Laporan Tahunan
        • Laporan Pemetaan Hoaks COVID-19 Tahun 2020
        • Laporan Pemetaan Hoaks Tahun 2020
        • Laporan Pemetaan Hoaks Tahun 2021
      • Laporan Khusus
        • Riset Akademik
  • CYBER SECURITY
  • Pencapaian
  • Partner
  • Hubungi Kami

Public Campaign Mafindo Solo Raya “Hidup Asyik Tanpa Hoax”

Public Campaign Mafindo Solo Raya “Hidup Asyik Tanpa Hoax”

by Webmaster Mafindo / Sunday, 27 January 2019 / Published in Uncategorized

Mengawali rangkaian kegiatan di awal tahun 2019, pada hari Minggu tanggal 27 Januari Mafindo Soloraya mengadakan kegiatan kampanye publik. Diadakan pada momen Car free day, kegiatan ini bertujuan untuk menggaet sebanyak mungkin perhatian publik terkait literasi digital serta kewaspadaan terhadap hoaks melalui media permainan yang menarik.

Selain itu dilakukan pula pengenalan sekaligus pemanfaatan aplikasi Hoax Buster Tools. Sebagai tambahan, juga disediakan fasilitas photobooth dengan berbagai pilihan slogan seperti; “HOAX = TOXIC”, “LINIMASA ADEM Brrr…”, hingga “1 ATAU 2 TETAP INDONESIA”. Media permainan untuk meningkatkan kesadaran pentingnya literasi digital tersebut berupa ular tangga berukuran jumbo. Pelengkap permainannya berupa sepasang dadu jumbo dari bahan kain. Permainan ini cukup menyedot perhatian pengunjung, terutama anak-anak dan remaja. Setiap kali mereka memijak kotak permainan, mereka juga akan diminta membaca sekaligus menanggapi pertanyaan pada kotak tersebut. Cukup menarik ketika beberapa anak berusia di bawah 10 tahun menyatakan bahwa mereka tidak terus menerus bermain internet. Bahkan ada seorang anak yang menjawab bahwa mereka tidak bermain internet meskipun oleh orang tuanya diberikan telepon genggam dengan fasilitas tersebut.


Relawan Mafindo juga selalu menyelipkan muatan-muatan edukatif selama permainan berlangsung. Semisal berupa pengingat agar anak-anak tidak membuat akun media sosial sebelum berusia 13 tahun, maupun agar anak-anak selalu memainkan permainan atau menonton video yang sesuai usia mereka saja. Hingga permainan selesai, anak-anak dan remaja tersebut tampak gembira menyelesaikan permainan.

Selain bermain, pengunjung booth Mafindo juga datang untuk berfoto di tempat yang telah disediakan. Bagi mereka, relawan menyediakan cindera mata yang menarik. Beberapa pengunjung juga tertarik untuk turut mendaftar sebagai relawan. Sebagian di antaranya terlibat diskusi dengan relawan sebelum memutuskan mendaftar. Mereka ingin memastikan terlebih dahulu bagaimana latar belakang dan arah gerak dari Mafindo. Hingga kegiatan berakhir, tercatat ada empat relawan baru yang siap bergabung untuk melengkapi amunisi Mafindo Soloraya.

  • Tweet

About Webmaster Mafindo

What you can read next

Kelas Kebal Hoaks
Mengenal dan Menangkal Misinformasi, Disinformasi, dan Malinformasi
Topik Teratas Periksa Fakta MAFINDO Periode 27 November – 3 Desember 2021
[KBRPrime] Hoax of The Week 23-29 November 2019

Leave a Reply Cancel reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Recent Posts

  • KPID Jatim dan Mafindo Latih Lembaga Penyiaran Lawan Hoaks

    Surabaya – Komisi Penyiaran Indonesi...
  • WHO Membangun Kurikulum Manajemen Infodemik, Mafindo Ikut Terlibat

    Keterangan foto: Peserta Konsultasi Teknis WHO ...
  • Laporan Pemetaan Hoaks Tahun 2021

    ...
  • Laporan Pemetaan Hoaks Edisi Maret 2022

    ...
  • Laporan Pemetaan Hoaks Edisi Januari 2023

    ...

Recent Comments

    Archives

    Categories

    • Posts
    • Tentang Kami
    • Uncategorized

    Featured Posts

    • KPID Jatim dan Mafindo Latih Lembaga Penyiaran Lawan Hoaks

      0 comments
    • WHO Membangun Kurikulum Manajemen Infodemik, Mafindo Ikut Terlibat

      0 comments
    • Laporan Pemetaan Hoaks Tahun 2021

      0 comments
    • Laporan Pemetaan Hoaks Edisi Maret 2022

      0 comments
    • Laporan Pemetaan Hoaks Edisi Januari 2023

      0 comments
    • GET SOCIAL
    MAFINDO

    © 2021 All rights reserved. MAFINDO.

    TOP