Buku Panduan Melawan Hasutan Kebencian

Buku ini menjelaskan bahaya hoaks dan hasutan kebencian, strategi menangkalnya, dan bagaimana gerakan masyarakat sipil dapat berperan untuk melawannya. bahaya hoaks dan hasutan bagi negeri ini sudah selayaknya menjadi ancaman yang serius, sehingga memerlukan upaya serius pula dalam penanganannya. apa lagi masa pemilu kali ini ruang demokrasi kita dipertaruhkan dengan maraknya hasutan kebencian dan hoaks. Hal tersebut akan membuat dampak yang sangat luar biasa bagi negeri ini, mulai dari urusan kepemiluan (manipulasi ketakutan sebagai strategi kampanye politik), urusan sosial (marginalisasi kelompok rentan), hingga soal ideologis (sensor terhadap buku dan karya seni yang berlawanan dengan narasi dominan).

Karena itu, upaya untuk menangkalnya tidak bisa dilakukan sendirian. Perlu kerja sama banyak pihak untuk saling berjejaring dan bahu-membahu menangkal hasutan kebencian demi menjaga persatuan dan kerukunan.

Buku panduan yang diterbitkan oleh Pusat Studi Agama dan Demokrasi, Yayasan Paramadina Masyarakat Anti Fitnah Indonesia (Mafindo) diharapkan mampu untuk membantu seluruh elemen masyarakat untuk memahami apa itu hoaks, bahayanya dan cara untuk menangkalnya. mengingat tahun ini adalah tahun politik maka kita harus cerdas pula dalam memahami berita yang kita dapat sehingga kita bukan menjadi bagian dari penyebar berita bohong atau hasutan kebencian tersebut.

One thought on “Buku Panduan Melawan Hasutan Kebencian

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *