Myanmar ICT Development Organization (MIDO)

Minglaba! Salam dari Yangon.

Dua hari ini mewakili CekFakta/Mafindo, atas undangan dari Myanmar ICT Development Organization (MIDO) bersama Prof Masato Kajimoto dari University of Hong Kong dan Yvonne Chua dari Verafiles Filipina, mengisi workshop untuk mendorong kolaborasi bersama untuk melawan mis/disinformasi.

Ada sekitar 60 peserta dari CSO, influencer, admin page Facebook, jurnalis yang diajak berjejaring, melalui langkah konkret untuk membuat ekosistem bersama untuk menangkal mis/disinformasi. Kami menyampaikan beberapa rekomendasi dan solusi bagi Myanmar, termasuk memperkuat platform cekfakta, memperluas jejaring dengan para influencer, memperbanyak kegiatan digital literasi, dan merintis dialog antar masyarakat terkait issue ini.

Kami juga menawarkan kepada mereka jika ingin mempelajari sistem yang digunakan oleh CekFakta/Mafindo, kami akan siap membantu, karena sistem yang kami buat terbuka untuk dimanfaatkan oleh organisasi factchecker ataupun kolaborasi di negara lain. Ini adalah bagian dari rasa persaudaraan kami sebagai sesama warga ASEAN. Kami pun mengajak kawan-kawan di Myanmar untuk bergabung bersama dalam koalisi Factchecker di Asia Pasifik, sehingga bisa saling bertukar pengalaman dan teknologi, sehingga bersama bisa membersihkan konten negatif di media sosial.

-Zek (Ketua Presidium MAFINDO)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *