“Milennials Peace Festival @ Unair Surabaya”

Mafindo Jawa Timur dan Milennials Peace Festival – Unair Surabaya

MAFINDO terlibat dalam kegiatan Milennials Peace Festival yang digagas oleh Global Peace Foundation, telah melakukan serangkaian acara diberbagai kota antara lain: Jakarta, Bandung, Palangkaraya, Pekanbaru, dan menyusul diadakan di Surabaya dan Makassar.

Akhir pekan ini merupakan jadwal bagi Mafindo Jawa Timur untuk ikut berkontribusi sharing materi: Bijak & Kritis Dalam Media Sosial. Event tersebut dilaksanakan di 3 SMA di Surabaya (Jumat, 23 November 2018) dan Universitas Airlangga (Sabtu, 24 November 2018)

Hari ini, bertempat di Kampus C UNAIR, saya mewakili Presidium Mafindo dan Mas Adven selaku Koordinator Mafindo Surabaya, secara kolaborasi menyampaikan Materi seputar Hoax dan bagaimana mengenali Berita Hoax lengkap dengan tips berpikir kritis dan bijak dalam sosial Media.

Kami bertemu dengan para Millenials yang resah dengan penyebaran berita hoax utamanya di WAG keluarga, adapula peserta yang resah dengan para Elite Politik yang dengan ‘enteng’ menyebarkan sebuah hasutan dan berita bohong, dan ketika ketahuan hanya minta maaf dan besoknya diulangi lagi melakukan ujaran-ujaran bohong dan kebencian seolah itu adalah hal biasa.

Kepada mereka kami menyampaikan bahwa Mafindo berusaha melakukan dialog yang meminta agar para Elite Politik dari berbagai parpol untuk ikut menjaga Indonesia yang sedang darurat Hoax.

Mafindo juga menjaga peserta untuk melakukan imunisasi diri dari hoax, melalui selalu berpikir kritis dan skeptis pada berita dan informasi yang diterima, tidak buru-buru percaya tanpa melakukan verifikasi kebenaran berita. Kami menutup acara dengan meminta para Millenials untuk ikut berperan aktif dalam siskamling digital untuk menjaga sosial media yang positif.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *