“Bijak dan Kritis dalam Bersosial Media” MILLENIALS PEACE FESTIVAL

MILLENIALS PEACE FESTIVAL at SMAN 7 Surabaya

Pada hari Jum’at, 23 November 2018, Mafindo berkesempatan berbagi tentang “Bijak dan Kritis dalam Bersosial Media” di SMAN 7 Surabaya dalam serangkaian acara Millenials Peace Festival.

Pada acara tersebut, Relawan Mafindo Surabaya yaitu Mizati Dewi Wasdiana menyampaikan kepada Peserta tentang pengunaan sosial media, dampak positif dan negatif sosial media, konten dalam sosial media yang di antaranya adalah hoax serta bagaimana cara mengenali hoax.

Peserta yang hadir antusias dan interaktif ketika materi berlangsung. Peserta yang merupakan pengguna aktif sosial media, diingatkan kembali mengenai cara melindungi diri dari terpapar hoax.
Dalam sesi ini dipaparkan pula mengenai Hoax Buster Tools (HBT) yang merupakan Aplikasi Android karya Tim Mafindo yang bisa diunduh di Playstore.

Peserta ditantang untuk mengunduh dan mempraktikkan langsung mengecek kebenaran suatu berita. Dengan mencoba langsung Tools ini, diharapkan peserta bisa lebih bijak dalam menerima kebenaran suatu berita sehingga tidak menjadi Penyebar Hoax di kemudian hari.

Acara ditutup dengan sesi tanya jawab. Pertanyaan yang muncul dari Peserta yaitu tentang bagaimana menangkap pelaku penyebaran hoax, yang dijawab oleh Narasumber dengan ajakan sederhana untuk menjadi Netizen yang bijak dalam bersosial media dengan melakukan cross-check kebenaran suatu berita dan menyampaikan kepada akun Penyebar Hoax ataupun melakukan report pada sosial media yang digunakan, karena sejatinya menangkap Pelaku Penyebar Hoax adalah tugas Kepolisian, sedangkan kita sebagai Netizen bisa mengambil peran dengan memudahkan tugas Kepolisian untuk menangkap Pelaku Penyebar Hoax.

@mafindosub
Masyarakat Anti Fitnah Indonesia
@mafindoid
Global Peace Foundation Indonesia
@sman7surabaya

#millenialspeacefestival
#SMAN7Surabaya @ Sman 7 Surabaya

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *