Bijak dan Cerdas Menggunakan Media Sosial

Kemarin pagi, Sabtu 10 November 2018 bertempat di Aula TK Bintang Kejora Ciputat, MAFINDO berkesempatan hadir sebagai narasumber diskusi anti hoax dan bijak bermedia sosial atas undangan dari Paroki Gereja Santo Nikodemus, Ciputat.

Kami juga bersama dengan kang Pepih Nugraha, seorang jurnalis senior eks Kompas, yang berpengalaman lebih dariĀ 26 tahun dan kini menjadi techpreneur.

Dari MAFINDO diwakili oleh Dewi S Sari dari Presidium Mafindo. Sama sama berkolaborasi mendiskusikan materi anti hoax .

Dalam diskusi ini banyak hal sangat bermanfaat yang didapat dari para pihak. Baik pertanyaan dan pernyataan serta harapan, antara lain:

1. Pentingnya literasi dan edukasi literasi digital di masyarakat bahkan jurnalis.
Bagi masyarakat awam tetap rajin membaca dan menulis dengan bijak dan tidak melanggar norma yang ada, sedangkan bagi jurnalis tetap berpegang pada kode etik jurnalistik serta tidak mengesampingkan pentingnya ketelitian dan cek fakta dalam mengeluarkan berita.

2. Perlunya dukungan penegak hukum dalam menindak tegas para pelaku penyebar hoaks dan ujaran kebencian serta fitnah

Pentingnya penegakan UU ITE dan UU no 15 tahun 1946 tentang Peraturan Hukum Pidana khususnya pasal 14 dan 15 bagi para penyebar berita palsu dan ujaran kebencian, serta penegakan pasal2 di KUHP sehubungan dengan itu.

3. MAFINDO sepenuhnya mendukung dan turut bersuara untuk penegakan hukum ini. Tentu dengan melalui proses hukum yang berlaku.

Semoga acara ini bermanfaat bagi semua pihak

Antusiasme acara terlihat hingga nyaris tidak ada yang mau pergi dari acara dan sampai molor dari waktu yang semestinya selesai.

Semua untuk NKRI yang satu dan lebih baik

Terimakasih bagi yang sudah mempercayai kami sebagai narasumber, dan terimakasih untuk para pendiri dan penasehat MAFINDO serta seluruh relawan.

Salam literasi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *