Partisipasi MAFINDO dalam “Pertemuan tahunan CIMSA”

Pada tanggal 06 Oktober 2018, bertempat di Fave Hotel Mex Surabaya, Mafindo diundang untuk memberikan paparan update isu-isu umum di Indonesia dengan menjadi Guest Speaker di Event pertemuan tahunan CIMSA (Center For Indonesian Medical Student Activities). Dalam kesempatan tersebut, Saya, mewakili Presidium Mafindo (Masyarakat Anti Fitnah Indonesia) memaparkan materi Bijak dan Cerdas Memilah Informasi di Era Digital.

CIMSA adalah sebuah organisasi pusat kegiatan mahasiswa kedokteran di Indonesia yang bersifat independen, inklusif, nasionalis, non profit dan non partisan. Merupakan kesempatan yang sangat baik bagi Mafindo untuk dapat bertemu secara langsung dihadapan para mahasiswa kedokteran dari berbagai Perguruan Tinggi di Indonesia, dan memaparkan seputar kondisi perkembangan hoax di Indonesia yang semakin meresahkan. Selain hoax seputar Politik dan Agama, Hoax seputar kesehatan masih Data yang diambil dari Kompas tahun 2017 menyatakan, hoax kesehatan menempati urutan ke tiga tertinggi penyebarannya di Indonesia. Sedangkan data yang dimiliki Mafindo periode Juli s/d September 2018, Hoax kesehatan menduduki peringkat ke 5 tertinggi di Indonesia.

Pada kesempatan tersebut, saya mewakili Mafindo menyampaikan harapannya agar kelak, saat mengabdikan diri pada profesi Dokter, para peserta diharapkan memegang teguh komitmen Sumpah Profesi Dokter, sehingga menjunjung tinggi nilai-nilai kebenaran dan kebaikan yang berpijak pada kemanusiaan. Diharapkan juga para peserta ikut berperan aktif dalam mengedukasi masyarakat Indonesia dengan paparan informasi medis yang akurat yang bertujuan untuk meluruskan hoax kesehatan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *