RESMI! MAFINDO Dapat Sertifikasi Fact-Checking Kelas Internasional Dari IFCN

 

Setelah mengarungi proses panjang, Masyarakat Anti Fitnah Indonesia (MAFINDO) secara resmi telah mendapat sertifikasi Fact-checking kelas Internasional dari IFCN (International Fact-checking Network). Harry Sufehmi selaku Founder Mafindo mengaku bangga dengan apa yang telah dicapai oleh Mafindo. Menurutnya dengan melakukan kegiatan positif dan selalu mengedukasi tentang bahaya hoaks kepada masyarakat, maka hoaks yang beredar di Indonesia akan mampu diatasi oleh lembaga-lembaga anti hoaks yang salah satunya adalah Mafindo.

Dalam wawancaranya kepada IFCN, Harry menjelaskan bagaimana perjalanan Mafindo untuk dapat sampai ke tahap ini. Berikut isi wawancara Founder Mafindo, Harry Sufehmi dengan IFCN :

1. Kiprah mafindo sudah mendunia dengan masuknya ke IFCN, bagaimana proses awalnya, bisa diceritakan?

Pada bulan Februari 2017, Facebook mengadakan meeting dengan Mafindo. Di pertemuan tersebut dibahas mengenai skema kerjasama fact-checking antara Mafindo dengan Facebook, dimana salah satu persyaratannya adalah sertifikasi internasional dari IFCN.

Maka kemudian Mafindo menjalani proses sertifikasi tersebut selama sekitar lebih dari satu tahun.

Persyaratannya sangat ketat dan beragam. Alhamdulillah berkat kerjasama dari semua unsur Mafindo, maka sertifikasi ini akhirnya bisa didapatkan.

2. Apa dampaknya bagi publik Indonesia?

Mafindo kini bisa bekerjasama resmi dan lebih komprehensif dengan berbagai institusi-institusi Internasional, seperti Facebook, Google, dan lain-lainnya.

Maka berbagai kegiatan Mafindo jadi bisa makin berdampak positif dengan sangat signifikan.

3. Langkah mafindo ke depan seperti apa khususnya untuk menangkal hoaks pada pileg dan pilpres 2019

Mafindo akan melakukan berbagai kegiatan untuk menangkal & memerangi hoax di berbagai platform media sosial, dan juga terus melakukan berbagai kegiatan literasi publik. Bersama masyarakat, maka kita semua akan bisa tangkal hoax di Pileg dan Pilpres 2019

Dengan resminya Mafindo yang tergabung dalam International Fact-Checking Network, maka Mafindo diharapkan mampu menangkal segala jenis hoaks yang menimbulkan kegaduhan di masyarakat.

Salam Anti Hoaks

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *