Pertemuan MAFINDO dengan Google News Lab dan AJI

A Wonderful Day

Pertemuan setengah hari, tapi terasa singkat. Irene Jay Liu, Head of Google News Lab Asia Pasific yang bermarkas di Singapura datang ke Indonesia untuk membahas inisiatif memperkuat kemampuan jurnalis Indonesia dalam verifikasi informasi, menangkal hoax.

Pasukan AJI (Aliansi Jurnalis Independen) datang lengkap, termasuk Pak Sekjen, Pak Suwarjono, Mbak Eva, ada pula Bli Komang, Mas Heru. Dari Mafindo ada saya, Mas Harry, Mas Aribowo, dan Astari yang sempat mampir.

Kami bersama merumuskan materi Training yang direncanakan untuk disampaikan ke 1800 jurnalis AJI di seluruh Indonesia. Harapannya kedepan kita semua bisa bahu-membahu membersihkan informasi yang keliru ataupun hoaks yang saat ini masih menjadi momok khususnya di media sosial. Media diharapkan terus meningkatkan kredibilitasnya dengan memiliki jurnalis-jurnalis yang mahir menggunakan tools untuk verifikasi informasi.

Negeri ini butuh lebih banyak informasi bergizi yang membangun akal sehat, dan sesedikit mungkin informasi sesat yang merugikan semuanya.

One thought on “Pertemuan MAFINDO dengan Google News Lab dan AJI

  1. Depi Agung Setiawan says:

    Suatu upaya yang sangat mulya, berjuang membangun bangsa dengan “melawan penyebaran informasi hoax”. Apresiet untuk Mafindo dan Aji, semoga kedepan literasi verifikasi informasi hoax ini kian membumi di tengah laju peradaban masyarakat Indonesia..

    Salam anti hoax,
    Depi Agung Setiawan
    Bandung

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *